Tips to Buy Edible Bird's Nests (Tips Membeli Sarang Burung Walet)


Credibility
Before taking a visual and physical inspection of the bird's nest, you need to first make the credibility of the company. Nevertheless sometimes you cannot make sure the credibility of the company because a lot of producers are still producing in home industries. In this case check the background of the owners. Make sure that you buy the products from clear sources, that have business legality, and food safety certificates from the government. This is crucial considering too many unethical practices in the industry done by irresponsible and short minded businessman. In general, bird's nest packaging must be packed in sterile environment, and should have information of grading (size, quality), weight, and the barcodes (with traceability).

Physical Features
Equally important that you take a look at the appearance of the bird's nest; it has to be in a well-built form. The color should be natural. Very white color exists, but the amount is very rare because such nest should be harvest almost immediately after the bird produces it. The longer it takes in the farms, the more yellow is the color. With this fact I simply cannot generalized that all white nest is bleached! Buying white nest, the consideration should go back to the credibility of the company. Most bird’s nest has natural colors of faded white. Nevertheless avoid buying nest with very dark gray color. The form of such nest might have changed, the nutrition is possibly damaged, and hygiene during the handling is questionable.
The smells of genuine nest should smells like white egg or egg shells. If it smells tangy and the color is dark gray, you should avoid it as it may undergo the process of decay by bacteria.
Bird’s nest has different shape. Typically store sells bird’s nests in different price because some customers like presentation thus perfect for gift. Given that all has same color and surface, here is the sequence of shape of from highest to lowest price:
  1. Full bowl shape (called “Dragon Tongue” shape)
  2. Half bowl shape
  3. Oval shape
  4. Triangles
  5. Broken pieces.

Tips Membeli Sarang Burung Walet

Kredibilitas
Sebelum melakukan pemeriksaan secara visual dan fisik sarang burung walet, kita perlu pastikan bahwa kita membeli sarang burung walet dari pengecer terkemuka. Periksa kredibilitas dari perusahaan tersebut. Namun kadang hal ini terasa sulit karena banyak produsen masih merupakan industri rumah tangga. Untuk itu Anda harus memeriksa latar belakang pemilik. Pastikan bahwa Anda membeli sarang burung walet dari sumber yang jelas, yang memiliki legalitas usaha, dan sertifikat keamanan pangan dari pemerintah. Hal ini sangat penting, mengingat banyak praktik yang tidak etis, dilakukan dengan tak bertanggung jawab dan melawan hukum. Secara umum, kemasan sarang burung walet harus dikemas dalam lingkungan yang steril, dan harus memiliki informasi mengenai ukuran, kualitas, berat barang, dan memiliki barcode (dengan informasi tertentu berkaitan dengan sumber dari sarang burung walet tersebut/traceability).

Penampilan Sarang Burung Walet
Perhatikan penampilan sarang burung walet, bentuknya erat tidak rapuh. Dari warna, seharusnya tidak benar-benar putih, karena jika terlalu putih maka ada kemungkinan bahwa sarang burung walet telah diputihkan dengan bahan kimia. Sarang burung walet bervariasi dalam ukuran dan berat karena pembentukan alam. Jadi walaupun dibeli dalam standar ukuran tertentu, tetaplah ada variasi dari bentuk atau ukuran.

Sama pentingnya dengan melihat penampilan sarang burung biasa, maka bentuknya haruslah kokoh. Warna sarang burung walet harus alami. Warna yang sangat putih ada, tapi jumlahnya sangat langka karena sarang tersebut harus dipanen segera setelah burung tersebut membuatnya. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memanennya, warnanya pun akan menjadi lebih kuning. Dengan fakta terebut kita tidak bisa menggeneralisir bahwa semua sarang burung walet yang berwarna putih adalah diputihkan dengan kimia. Bila membeli sarang putih, pertimbangan harus kembali ke kredibilitas perusahaannya.

Sarang burung walet yang sering ditemui memiliki warna alami putih pudar. Namun demikian hindari membeli sarang dengan warna keabu-abuan yang sangat gelap. Bentuk sarang tersebut mungkin telah berubah, nutrisinya mungkin pula telah rusak, dan kebersihan selama pengelolaannya juga dipertanyakan.

Bau dari sarang asli harus seperti telur putih atau kulit telur. Jika baunya tajam dan berwarna abu-abu gelap harus dihindari pula karena mungkin telah mengalami pembusukan bakteri.

Sarang burung memiliki bentuk yang berbeda-beda. Biasanya toko menjual sarang burung di harga-harga yang berbeda karena beberapa pelanggan mengingikan kemasan tertentu untuk hadiah. Bila sarang burung walet memiliki warna dan permukaan yang sama, berikut ini urutan jenis bentuk dari harga yang tertinggi ke harga terendah:
  1. Bentuk mangkuk penuh (disebut juga bentuk “Lidah Naga”)
  2. Bentuk setengah mangkuk
  3. Bentuk oval
  4. Bentuk segitiga
  5. Bentuk pecahan