Healthy Eating Tips: Start the Habit (Tips Makan Sehat: Memulai Kebiasaan)

Think about the variations in color of your food

Changing habits is something that is not easy. Especially a habit that has been done throughout your life, like eating habit. Eating a healthy diet is crucial toward your health, even when you are young and you don’t seem to face any health issues. Look at it as an investment because researches has shown that what you eat in your twenties determines to your health when are in your fifties and above. Healthy food is a food that has enough nutrients needed for your body organs to function normally. For that we will share tips to start the healthy eating.

1. Think simple

We do not need to think about: How many portions? How many calories? How much fat? And so forth. Instead, let's think about the variations in the type, color, and freshness of the food. For example, various types and colors by choosing brown rice, salad, seasoned chicken and bananas. In addition, simple thoughts also apply in preparing and cooking. For example, by choosing a dish that is easy to cook and use less material or seasoning. Our objective is to keep the nutrients in our food. When we cook it too long, the nutrients are likely to be reduced or lost. For example, bird's nest soup, is not only easy to cook, also does not use a lot of ingredients and seasonings. Bird's nest soup cooked with slow cooker and added sugar cubes. Healthy and simple.

2. Starting slowly but continuously

Changing eating habits can not be done in one or two days. Behavior change is a long time progress, but if we do it step-by-step from something small, all will be accomplish. Try inserting healthy food on a regular diet that we eat portion by portion, for example, one serving of fresh salad. Do it every day, and then try to attach more healthy foods such as fruits. Also, you can also change the ingredients when we cook with a healthy stuff for example, replace butter with vegetable oil, etc. When we comfortable in eating healthy foods, automatically we will avoid eating junk food.

3. Long term objective

You don’t have to completely eliminate foods you like to have a healthy diet. Our ultimate goal is to make our body healthier, fit, have more energy, and reduce the risk of cancer or other diseases.

Do not forget to exercise and drink enough water to perfect it. God has given many types of healthy and natural foods and we must use them for our health.


Tips Makan Sehat: Memulai Kebiasaan

Merubah kebiasaan memang sesuatu yang tidak gampang. Apalagi suatu kebiasaan yang telah dilakukan sepanjang hidupmu, seperti makan. Makan makanan yang sehat akan mempengaruhi kesehatanmu secara keseluruhan. Makanan yang sehat adalah makanan yang memiliki cukup nutrisi yang dibutuhkan organ-organ tubuhmu untuk berfungsi secara normal. Untuk itu kami akan berbagi tips untuk memulai kebiasaan makan makanan yang sehat.

1. Berfikir sederhana

Kita tidak perlu memikirkan tentang: Porsinya berapa? Mengandung berapa kalori? Mengandung berapa lemak? Dan lain sebagainya. Melainkan, mari berfikir tentang variasi jenis, warna, dan kesegaran makanan. Misalnya dengan memilih nasi merah, salad, ayam bumbu dan buah pisang, beraneka jenis dan warna. Selain itu, berfikir sederhana juga berlaku dalam menyiapkan dan memasak makanan tersebut. Antara lain dengan memilih makanan yang mudah dimasaknya dan menggunakan sedikit bahan atau bumbu. Tujuan kita adalah menjaga nutrisi yang ada dalam makanan kita, bila kita memasaknya terlalu lama makan nutrisi tersebut kemungkinan dapat berkurang atau hilang. Contohnya sup sarang burung walet, tidak hanya mudah dimasak, juga tidak banyak menggunakan bahan dan bumbu. Sup sarang burung walet dimasak dengan slow cooker dan ditambahkan gula batu. Sehat dan sederhana.

2. Memulai secara perlahan namun konsisten

Mengubah kebiasaan makan tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari. Perubahan perilaku membutuhkan waktu yang tidak sebentar namun bila kita melakukannya langkah-demi-langkah dari sesuatu yang kecil, lama-lama akan menjadi besar. Coba sisipkan makanan sehat pada menu makan yang biasa kita makan, misalnya satu porsi salad segar. Lakukan setiap hari dan coba sisipkan lagi makanan sehat lain seperti buah-buahan. Selain itu, dapat juga dengan mengganti bahan-bahan masak kita dengan yang sehat misalnya mengganti mentega dengan minyak sayur, dan lain sebagainya. Bila tubuh kita sudah merasa cocok lama-lama akan mendegradasi makanan yang kurang sehat.

3. Tujuan untuk sehat

Pada akhirnya tujuan kita adalah membuat tubuh yang sehat, bugar, memiliki banyak energi, dan mengurangi resiko kanker atau penyakit lainnya. Untuk itu, yang terpenting adalah pola makan sehat, artinya tidak sekaligus menghilangkan menu-menu makanan favoritmu, namun menyeimbangkannya dengan makanan yang sehat.

Demikian tips untuk memulai kebiasaan makan makanan sehat. Jangan lupa untuk cukup berolahraga dan minum air putih untuk menyempurnakannya. Tuhan telah menganugerahkan banyak jenis makanan sehat dan alami. Tinggal kita bersama menyadarinya dan memanfaatkan sebaik mungkin untuk kesehatan.